Senin, 02 Mei 2016

Memahami Konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pada setiap pekerjaan pasti memiliki resiko yang bisa didaptkan saat bekerja. Sama halnya ketika kita di dalam ruangan khususnya di Laboratorium, yang didalamnnya banya alat-alat yang terbuat dari kaca, besi, dan bahan lainnya. Di Laboratorium juga banya terdapat bahan-bahan kimia yang memiliki banyak sifat ; ada yang mudah terbakar, mudah meledak, mudah menguap, beracun, dan lainnya.

Kecelakaan kerja yang terjadi biasanya disebabkan oleh kelalaian kita dalam bekerja, kita kadang menganggap sepeleh tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sehingga kita mengalami kecelakaan saat bekerja.

Untuk menghindari atau meminimalisir kecelakaan kerja maka kita dituntut untuk memahami bagaimana langkah yang tepat dalam bekerja. Kita diharapkan memahami konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebelum memulai sebuah pekerjaan, baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan.

Untuk memahami konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), maka kita terlebih dahulu mendefinisikannya. Pada umumnya K3 terbagi menjadi 3 (tiga) versi di antaranya ialah pengertian K3 menurut Filosofi, Keilmuan serta menurut standar OHSAS 18001:2007.

1. Pengertian (Definisi) K3 Menurut Filosofi (Mangkunegara)
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

2. Pengertian (Definisi) K3 Menurut Keilmuan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

3. Pengertian (Definisi) K3 Menurut OHSAS 18001:2007
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

Ketiga versi pengertian K3 di atas adalah pengertian K3 yang umum (paling sering) digunakan di antara versi-versi pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) lainnya.

Semoga bermanfaat... 

Fastabiqul Khairat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates